Laman

Jumat, 26 November 2010

Hal - Hal Gaib

Apa yang dimaksud dengan hantu ??
Keberadaan hantu belum berhasil dibuktikan secara ilmiah. Akan tetapi di sepanjang sejarah, banyak orang telah melaporkan adanya penampakan hantu.
Hantu dipercaya sebagai arwah orang yang sudah meninggal, tetapi terkadang hantu tampak mirip dengan orang yang masih hidup. Selain hantu orang, terdapat pula hantu binatang dan bahkan hantu kapal, mobil, pesawat dan kereta api.

Konon diceritakan bahwa banyak sekali penampakan hantu ningrat. Istri Raja Hendri VIII, Anne Boylen, yang dihukum penggal konon menghantui Menara London, Inggris. Dua istrinya lain berkeliaran dikoridor Hampton Court Palace.
Pada tahun 1962, kakak-beradik asal Inggris, Derek dan Norman Ferguson mengaku melihat hantu binatang saat mengendarai mobil di sebuah jalan raya di Skotlandia.

Kastil Glamis, tempat kelahiran Putri Margaret, dipercaya sebagai bangunan ningrat paling berhantu di Skotlandia. Kastil dari abad ke 14 ini konon dihuni oleh monster, vampir, dan berbagai hantu.
Sebagian orang percaya bahwa hantu tidak hanya menghantui kastil kuno, tetapi juga rumah. Pada tahun 1966, sebuah keluarga Inggris harus di pindahkan oleh dewan rakyat setempat sebab keluarga itu merasa rumah mereka dihantui selama 2 tahun.


Dimanakah kamu dapat menemukan hantu ??
Terdapat ratusan kisah penampakan hantu. Kisah-kisah semacam itu telah dilaporkan dari berbagai Negara diseluruh dunia. Sering kali kisah-kisah itu mencerminkan legenda dan tradisi Negara tempat terjadinya penampakan hantu.
Lebih dari 150 tahun silam, seorang pria Denmark digantung atas kasus pencurian yang tidak dilakukannya. Konon sosok bayangan tubuh yang berayun ditiang gantungan itu masih sering muncul sampai sekarang, tepat sebelum kematian seorang anggota keluarga.

Salah satu hantu Inggris yang paling terkenal adalah Dirk Turpin, yang tenar karena merampok para pengembara. Ia adalah seorang pahlawan bagi orang miskin karena ia mencuri dari orang kaya. Turpin digantung pada tahun 1739. Banyak orang percaya bahwa hantunya masih muncul di Hounslow Heath yang sekarang dikenal sebagai Bandara Heathrow.
Abraha Lincoln adalah salah satu presiden Amerika Serikat yang paling berpengaruh. Ia dibunuh pada bulan April 1865. Konon setiap tahun pada bulan April, kereta pemakaman sang presiden muncul. Kereta itu terlihat berjalan di sepanjang jalur rel kereta api di Negara bagian New York danterdengar suara permainan kelompok militer yang sangat keras.

Pada tahun 1978, seorang pria Afrika Selatan mengaku telah memberi tumpangan bagi sesosok hantu wanita, tepat di tempat ia meninggal dalam kecelakaan lalu lintas tak lama sebelumnya.
Di North Carolina, Amerika, terdapat legenda tentang hantu seorang kondektur kereta api yang menghantui jembatan rel. konon di situlah tempat kepalanya terpenggal dalam sebuah kecelakaan. Tampak pula cahaya menyeramkan berbentuk kepala yang melayang-layang dan terpisah dari tubuhnya.
Pada tahun 1974, 30 anak muda di pulau Okinawa, Jepang, melaporkan bahwa mereka melihat arak-arakank hidmad hantu-hantu perempuan. Hantu-hantu itu menggunakan gaun-gaun putih dan muncul disebuah karang besar dilautan. Karang itu dahulu digunakan sebgai tempat pemakaman.


Apa yang dimaksud Poltergeist??
Poltergeist digambarkan sebagai hantu yang berisik dan tak terlihat. Konon jika ada poltergeist, orang mendengar suara menggaruk-garuk, menggedor-gedor, dan suara misterius lainnya. Terkadang timbul api dan bau aneh yang memenuhi ruangan. Seringkali poltergeist melemparkan barang, membanting ornament, dan menggerakkan mebel yang berat.
Pada tahun 1661, seorang hakim menyita sebuah drum dari seorang pengemis lokal di Tedworth, Inggris. Menurut legenda, sering terdengar bunyi drum hantu dan ada lilin-lilin menyala yang melayang di cerobong asap. Kuda sang hakim ditemukan dengan kaki belakang tersumpal dimulutnya.

Sebuah keluarga di Bardados menguburkan anggota keluarga yang meninggal disebuah pemakaman besar. Setiap kali ruang makam terbuka, peti-peti jenazah ditemukan tersebar berantakan.
Pada tahun 1960, seorang gadis Skotlandia berusia 11 tahun, Virginia Campbell, mengaku diganggu oleh poltergeist selama 2 bulan. Poltergeist itu mengikuti kemana Virginia pergi. Suatu malam, ranjangnya mulai terjadi gempa seolah terjadi gempa. Namun, semenjak orangtuanya menggelar acara doa dirumah mereka, ia tidak dihantui lagi.
Barang-barang konon beterbangan saat sosok poltergeist menghuni sebuah peternakan di Landcashire, Inggris. Seekor sapi bahkan terangkat ke atas loteng lumbung. Tidak ada yang tahu bagaimana sapi itu bisa berada disana. Pastinya, dia tidak mungkin memanjat tangga yang rapuh.

Pada tahun 1951, sebuah keluarga melaporkan kejadian-kejadian aneh di rumah mereka di London. Seorang polisi mendapati mebel-mebel mereka terlempar melintasi ruangan. Anehnya, peristiwa itu langsung berhenti ketika lampu dinyalakan.
Selama tahun 1967, sesosok poltergeist mulai menggangu Matthew Manning yang berusia 11 tahun asal Cambridge, Inggris. Mebel-mebel mulai bergerak-gerak di sebuah rumah keluarga Manning dan terdengar pula suara menggaruk-garuk yang misterius. Mathew tidak lagi dihantui sejak ia mulai membuat gambar-gambar aneh dan indah.


Apa yang dilakukan hantu ??
 Konon hantu suka iseng. Akan tetapi, hantu dan manusia tampaknya memiliki selera humornya yang berbeda. Seringkali bagi manusia, apa yang dilakukan oleh hantu tidaklah lucu. Hantu lebih sering membuat mereka takut daripada membuat mereka tertawa.
Lebih dari 25 tahun lalu, sebuah hotel di Wales sedang di bongkar. Walaupun listrik kegedung itu telah diputus, ternyata lift listrik-nya tetap bekerja.
Lebih dari 60 tahun silam, di Isle of Man, Laut Irlandia, seekor musang hantu konon menghantui sebuah peternakan tua di tepi laut. Musang itu menceritakan lelucon, bernyanyi, dan bahkan memaki-maki. Ia memberi tahu semua orang bahwa namanya adalah Gef. Ketika peternakan itu dijual, pemilik yang baru menembak seekor hewan kecil berbulu aneh. Setelah itu Gef tidak lagi terlihat.

Seorang anak lelaki Inggris berusia 12 tahun, Michael Collingridge, sedang bebaring dalam masa penyembuhan akibat radang amandel ketika sebatang tongkat di kamar tidurnya tampak menari-nari. Tongkat itu meloncat-loncat ke sekeliling ruangan dan mulai mengetukkan irama lagu yang terkenal.
Ketika keluarga Pritchard dari Pontefract di Wales diganggu oleh sesosok hantu, seorang wanita dari badan amal wanita Kristen mencoba mengusir hantu itu dengan cara menyanyikan Onward Christian Soldiers. Hantu itu menanggapinya dengan mengangkat sarung tangan wanita itu dan memimpinnya menyanyi.

Dalam opera sabun Amerika, Dallas, karakter Jock Ewing harus dihapuskan karena actor yang memerankannya meninggal dunia. Hantu aktor itu sering mengunjungi tempat pembuatan film dan meluruskan potret dirinya yang tergantung di atas perapian.
Ketika keluarga McConnaughty pindah kesebuah rumah yang telah diperbaiki di Virginia, AS, mereka memasang potret tante mereka yang bernama Florence Wright. Ia meninggal dunia sebelum lukisannya selesai sehingga lukisan itu tidak terlalu berwarna. Selama beberapa minggu berikutnya, keluarga itu mendengar suara-suara aneh dan lukisan secara bertahap berubah menjadi potret berwarna seluruhnya.


Dimanakah tempat hantu tinggal??
Konon rumah-rumah berhatu mengeluarkan bunyi menjerit dan hantu-hantu meluncur menembus dinding-dindingnya. Orang percaya bahwa arwah mengahantui tempat dimana mereka pernah tinggal, tetapi tidak menyadari bahwa mereka benar-benar menjadi hantu.
Menurut legenda, Ballechin House di Skotlandia di hantui oleh anjing-anjing yang tak terlihat yang memukulkan ekor-ekornya ke tamu. Konon pula rumah itu di huni oeh biarawati-biarawati hantu dan sebuah tangan yang putus.

Raynham Hall di Norfolk, Inggris, diduga dihantui oleh hantu Dorothy Walpole yang meninggal di sana. Pada tahun 1936, foto sesosok hantu perempuan bercadar tak sengaja tertangkap oleh kamera seorang fotografer professional yang sedang mengunjungi gedung tersebut. Setelah dipelajari foto itu, sejumlah ahli percaya bahwa foto itu asli.
Konon rumah paling berhantu di Britania adalah Borley Rectory. Meskipun rumah itu terbakar habis pada tahun 1939, konon poltergeist menghantui reruntuhannya. Dua hantu tanpa kepala dan sesosok biarawati hantu juga dipercaya pernah muncul disana.

Rumah Perdana Menteri Inggris yang terletak di Downing Street no 10, London, konon dihantui oleh seorang politikus dari masa ketika Inggris diperintah oleh wali raja.
Antara tahun 1883 dan 1934, gedung di Mounterpelier Road 16, London, menjadi tempat berlangsungnya 20 peristiwa bunuh diri dan sebuah pembunuhan. Para korban jatuh dari puncak menara. Pada tahun 1944, seorang penyelidik mengunjungi gedung itu dan nyaris terlempar dari menaranya. Sebuah foto yang diambil menunjukkan sososok hantu berpakaian gaya zaman Victoria di jendela atas.


Bagaimana cara mengusir hantu ??
Orang telah menciptakan berbagai cara aneh untuk menyingkirkan hantu. Berbagai jimat dan ritual-ritual aneh sering digunakan untuk mengusir hantu.
Orang-orang suku Inuit tidak pernah mengeluarkan seseorang yang telah meninggal dalam Iglo melalui pinu depan. Mereka beranggapan bahwa arwah orang mati akan kembali jika ia mengetahui letak pintu depan.

Di Cina, membakar Hio dianggap dapat menyingkirkan roh-roh yang tidak diinginkan. Gendang dibunyikan keras-keras dan petasan yang berisik dinyalakan saat pemakaman untuk menakuti roh jahat agar menjauh.
Sejumlah orang memakai jimat dan benda bertuah di lehernya untuk menakut-nakuti roh jahat dan mendatangkan nasib baik.

Sejumlah masyarakat di Asia akan menghancurkan rumah tempat seorang pernah meninggal didalamnya dan membangun rumah yang baru. Hal ini dipercaya dapat memberi tempat peristirahatan bagi yang meninggal sebelum menemukan kedamaian abadi.
Di berbagai belahan dunia, orang masih melakukan tradisi menutupi semua cermin dalam rumah sampai pemakaman selesai. Hal itu mencegah arwah mencuri bayangan cermin seseorang yang masih hidup untuk membawanya ke dunia.


Dapatkah orang menghilang seperti hantu ??
Sepanjang sejarah, terdapat laporan-laporan mengenai orang-orang yang menghilang tanpa jejak. Berbagai kapal laut dan pesawat terbang tampaknya lenyap begitu saja. Beberapa kasus ini masih merupakan misteri.
Terkadang dibuatlah kisah-kisah untuk menjelaskan lenyapnya orang-orang itu. Ketika pemimpin kelompok musik terkenal, Glenn Miller, menghilang tahun 1944, beberapa orang percaya bahwa wajahnya rusak berat akibat kecelakaan pesawat sehingga ia memutuskan untuk menyembunyikan diri seumur hidup.

Pada tahun 1872, seluruh awak kapal dagang bernama Marie Celeste, lenyap. Kapal itu sama sekali tidak rusak, namun penumpangnya tidak pernah terlihat lagi di atasnya.
Seringkali peristiwa lenyapnya seseorang hanyalah sebuah tipuan. Pada tahun 1880, kisah tentang hilangnya seorang petani menjadi kabar besar di Tennessee, AS. Ternyata seorang penjual perkakas yang terkurung salju dirumahnya mengarang cerita itu karena bosan.

Pada tahun1937, Amelia Eartheart seorang pilot pemecah rekor, menghilang saat sedang terbang menuju sebuah pulau di Samudra Pasifik. Tidak seorang pun mampu menjelaskan peristiwa misterius lenyapnya wanita itu.
Selama bertahun-tahun kapal dan pesawat terbang menghilang di Segitiga Bermuda tanpa jejak kerusakan apapun. Pada tahun 1880, sebuah kapal bernama HMS Atlanta meneghilang bersama seluruh awaknya yang berjumlah 290 orang.


Mengapa sebagian tempat berhantu ??
Menurut tradisi, jika sebuah peristiwa dramatis berlangsung maka hantu-hantu akan kembali untuk menghantui tempat di mana kejadian meresahkan itu terjadi. Kisah berikutnya adalah kisah 2 hantu yang menyeramkan.
Selama tahun 1600-an, pemilik Bettiscombe Manor di Dorset memperbudak seorang laki-laki Afrika secara kejam dan membawanya ke Inggris. Budak itu berkata jika dia tidak dimakamkan di Negara asalnya, ia akan kembali untuk menghantui rumah tersebut. Permintaan budak itu diabaikan dan ia dikuburkan di halaman gereja setempat. Konon jeritan menyeramkan terdengar dari halaman gereja sehingga pemilik rumah itu terpaksa menggali peti jenazahnya dan menempatkan di loteng Bettiscombe Manor. Tengkorak itu tetap berada di sana dan tamaknya menjadi penjaganya.

The Flying Dutchman adalah sebuah kapal yang tenggelam di tahun 1600-an. Konon hantu kapal tersebut menghantui samudera. Pada tahun 1881, awak kapal HMS Inconstant menduga mereka telah melihat kapal itu. Pada tahun 1939, lebih dari 100 orang mengaku telah melihat kapal itu saat mereka sedang berjemur di pantai dekat Cape Town, Afrika Selatan. Pada tahun 1911, awak kapal uap Orkney Belle bertemu dengan The Flying Dutchman. Tidak ada orang sama sekali dikapal itu. Konon terdengar dentang 3 buah lonceng dan kapal hantu itu menghilang ke dalam kabut. Selama perang dunia II, seorang laksaman Jerman melaporkan bahwa awak kapal selam U-Boatnya telah melihat kapal hantu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar